Minggu, 18 Oktober 2009

Sepintas Mengenai Remaja


Masa kanak-kanak ,remaja, dewasa dan kemudian menjadi orang tua tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses yang wajar dalam menjalani hidup ini secara berkesinambungan dari tahap-tahap pertumbuhan yang harus di lalui oleh seorang manusia.

Setiap mengalami pertumbuhan sudah pasti memiliki ciri-ciri tersendiri yang spesifik di mana masing-masing tekah memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dengan masa remaja, di mana pada masa remaja sering dianggap sebagai masa yang paling rawan dalam mengalami proses kehidupan ini, yang mana pada tahap ini remaja harus mampu menjalani cobaan yang datang silih berganti dalam kehidupan mereka masing-masing.
Masa remaja sering menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua yang selalu memikirkan tindak-tanduk yang dilakukan oleh anaknya.
Namun banyak remaja masa kini yang beranggapan bahwa hal-hal demikian merupakan hal-hal yang biasa dalam pergaula remaja, meski pun para remaja tersebut melakukan hal-hal negatif yang dapat merusak dirinya, tanpa memikirkan keluhan-keluhan orang tua nya atas perilaku anaknya tersebut.
Selain itu, sebagian remaja juga beranggapan, bahwa masa-masa yang mereka jalani adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidunya dimana kesenangan yang mereka jalani tersebut adalah pergaulan ugal-ugalan dimana nantinya hasil yang mereka peroleh dari pergaulan yang merekla anggap tersebut terlalu menyenangkan hanya akan menjadi salah satu beban pikiran bagi para orang tua remaja tersebut. Oleh karena itu, para orang tua hendaknya berkenan menriam remaja sebagai mana adanya. Para orang tua harus mampu menyadarkan para anaknya yang sudah remaja. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orang tua para remaja hendaknya menjadi teladan bagi anaknya untuk ke depan dapat membangkitakn semangat layaknya hidup menjadi keluarga yang harmonis. Seperti kita ketahui masa remaja adalah peralihan masa kanak-kanak ke dewasa, dimana pada fase ini seseorang dapat dikatakan remaja apabila usianya mencapai 13 tahun sampai dengan usia 18 tahun.
Remaja tidak boleh dikatakan sebagai anak-anak, namun remaja juga belu pantas dikatakan dewasa. Namun sebagian besar remaja-remaja masa kini merupakan salah satu beban orang tua nya, di mana sebelumnya telah dikatakan bahwa para remaja masa kini lebih cenderung melakukan kesalahan-kesalahan yang menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua remaja. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para remaja hanya akan menyenangkan dirinya sendiri dan akan merugikan keluarganya sendiri khususnya orang tua, di mana sosok daripada remaja tersebut akan mendapat penilaian yang berupa pandangan-pandangan buruk dari orang-orang banyak, yang mana kesenangan yang dilakukan para remaja tersebut hanya akan merusak kedudukannya sebagai anak yang hidup di tengah-tengah keluarganya. Sebagaimana juga kita ketahui, bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan para remaja akan menimbulkan penyesalan yang selalu datang terlambat dalam kehidupan mereka baik dalam lingkungan sekolah mau pun di luar sekolah.
Kesalahan-kesalahan yang menimbulkan penyesalan inilah yang sering disebut sebagai
"Kenakalan Remaja"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Iam a simple boy............

Apakah suka dengan blog ini?

Guru yang kamu sukai?

Apakah anda senang Pelajaran TIK?

Pengikut